Madura United Ditahan Sepuluh Pemain Borneo FC

By ommed


nusakini.com - Madura United tidak berhasil memanfaatkan keunggulan jumlah pemain, dan harus puas bermain imbang 2-2 melawan Borneo FC di Stadion Manahan, Solo, Selasa (14/12) malam WIB, pada pertandingan pekan ke-17 Liga 1 2022.

Meski gagal mendulang angka penuh, Madura United mampu naik satu tangga ke peringkat sepuluh klasemen sementara dengan nilai 21. Sedangkan Borneo FC tertahan di posisi ketujuh setelah mengoleksi 26 poin.


Borneo FC yang berambisi mengakhiri putaran pertama di enam besar langsung melakukan tekanan ke pertahanan Madura United. Di lain sisi, Madura United mengawali laga dengan tempo sedang.

Peluang sudah diperoleh Borneo FC ketika laga baru berjalan dua menit. Terens Puhiri menyisir sisi kanan serangan, dan melepaskan umpan ke depan gawang. Sayangnya, Fransisco Torres terlambat menyambut bola.

Alih-alih membuka keunggulan, gawang Borneo FC justru kebobolan selang tiga menit kemudian. Sepak pojok Hugo Gomes 'Jaja' disambut tandukan Kadek Raditya yang tidak bisa dihentikan kiper Gianlunca Pandeynuwu.

Borneo FC berusaha bangkit guna menyamakan kedudukan. Tetapi gawang mereka justru kebobolan untuk kedua kalinya pada menit ke-18. Umpan Haris Tuharea disambut Slamet Nurcahyono, dan selanjutnya menyontekkan bola ke dalam gawang.

Upaya Borneo FC untuk memperkecil ketertinggalan membuahkan hasil pada menit ke-21. Umpan panjang yang dilepaskan Hendro Siswanto diterima Terens. Pemain bernomor punggung 28 ini lalu menggiring bola hingga ke kotak penalti, dan melepaskan tendangan keras yang tak bisa dibendung kiper M Ridwan.


Menjelang babak pertama berakhir, Borneo FC mendapat peluang menyamakan kedudukan. Menerima umpan dari Terens, Hendro yang ikut naik menyerang melepaskan tendangan, tapi berhasil diamankan kiper. Skor 2-1 untuk keunggulan Madura United tidak mengalami perubahan.

Borneo FC langsung tancap gas di babak kedua demi menyamakan kedudukan. Serangan bertubi-tubi yang dilancarkan Pesut Etam masih belum berhasil mengubah papan skor, karena Madura United memperlihatkan pertahanan yang cukup solid.

Peluang diperoleh tim tamu pada menit ke-50. Menerima umpan dari sisi kanan, Sihran Amirullah menanduk bola, tapi belum berhasil menjebol gawang Madura United, karena bola masih bisa dihalau kaki kiper.

Upaya Borneo FC mengubah papan skor menjadi berat setelah Javlon Guseynov diganjar kartu kuning kedua pada menit ke-68. Namun sikap tidak terpuji diperlihatkan Guseynov yang melempar ban kapten ke wajah wasit.

Kendati harus bermain dengan sepuluh orang, Borneo FC sukses menyamakan kedudukan di menit ke-82. Tendangan Wawan Febrianto menghajar tiang kanan gawang, dan bola muntah disambut sundulan Torres, sehingga mengubah kedudukan menjadi 2-2. Skor ini bertahan hingga laga usai. (gi/om)